Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

Dorong Pengembangan dan Digitalisasi UMKM Desa: Pembinaan Branding dan penguatan manajemen usaha UMKM Berkah Cumplung

Create By DESA SUKOREJO 22 August 2024 44 Views
IMG

Krogon, Sukorejo – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 melaksanakan berbagai program. Jafar Muhammad Muslih, salah satu mahasiswa KKN UNDIP berupaya mengembangkan UMKM di Desa Kragon yaitu Berkah Cumplung melalui program kerja " Pembinaan Branding dan penguatan manajemen usaha UMKM Berkah Cumplung." Program ini bertujuan untuk mendorong transformasi digital dalam pengelolaan bisnis dan strategi pemasaran pada UMKM Berkah Cumplung.

 

Program ini fokus pada beberapa langkah konkret, yakni edukasi peningkatan awareness pelanggan dan pemasaran dengan profil perusahaan, video company profile, penggunaan sosial media untuk pemasaran, serta pembuatan kemasan produk.

 

 

Berdasarkan observasi, ditemukan bahwa UMKM Berkah Cumplung ini belum memaksimalkan digitalisasi untuk bisnis. Selain itu, kelengkapan identitas bisnis belum lengkap serta pemasaran yang dilakukan masih belum optimal dalam memanfaatkan teknologi digital.

 

 

Selain itu, pembuatan kemasan yang menarik juga dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar UMKM. "Dengan hal tersebut, UMKM diharapkan dapat lebih diminati oleh masyarakat luas. Tidak hanya di desa ini, tetapi juga di daerah sekitarnya. Kemasan produk dibuat dengan harapan dapat menarik pelanggan, branding, sekaligus memberikan nilai pada produk dan layanan yang ditawarkan.

 

 

Kegiatan dorong UMKM Berkah Cumplung ini dilaksanakan secara berkelanjutkan yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan karena banyak hal yang perlu dilaksanakan. Pada hari pertama dilakukan observasi tengtang bisnis yang sudah dilaksanakan untuk mengetahui evaluasi serta hal yang perlu ditingkatkan. Hari selanjutnya memulai program dimana aspek pertama yang perlu dilakukan adalah kelengkapan identitas bisnis. Yaitu tentang pendampingan pembuatan profil bisnis dan video profil bisnis yang mampu meningkatkan awareness pelanggan. Hari selanutnya melakukan edukasi pengembangan digitalisasi dalam pemanfaatan bisnis berupa strategi digital marketing. Dan dilanjutkan hari selanjutnya yaitu kegiatan pendampingan pembuatan konten yang menarik untuk media promosi dan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, facebook, dan youtube. Dan hari terakhir dilakukan pendampingan pembuatan kemasan produk untuk nilai tambah produk yang dijual untuk daya tarik kepada pelanggan.

 

 

 

Kegiatan KKN ini berlangsung sepanjang kegiatan KKN. Dengan harapannya Berkah Cumplung dapat lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi dan mampu bersaing di era digital agar dapat terus bertumbuh dan mandiri.